Ladang Panel Surya Mulai Berkembang Secara Global

Kamis, 22 Mei 2008 – 12:14 wib

Sarie – Okezone

JAKARTA – Kesadaran mengembangkan energi panas matahari mulai merasuki negara di Eropa untuk menghilangkan ketergantungan pada minyak dan energi konvensional. Bahkan ladang photovoltaic pun mulai tumbuh di negara-negara tersebut.

Dilansir melalui Wikipedia, Kamis (22/5/2008), di Moura misalnya. Wilayah yang berada di Portugal ini sedang menggarap ladang besar yang terdiri dari ribuan panel surya atau photovoltaic. Bahkan Moura Photovoltaic Power Station merupakan ladang solar panel terbesar di dunia dengan target asupan energi sebesar 62 Mwp. Konstruksi ladang panel surya di Moura tahap pertama ini diharapkan akan selesai dibangun pada tahun 2008. Sedangkan tahap keduanya dijadwalkan akan kelar pada tahun 2010.

Begitu juga dengan Serpa Solar Power yang terletak di wilayah paling panas di Eropa. Wilayah seluas 150 hektar ini dipenuhi dengan sekira 52,000 panel photovoltaic yang diperkirakan mampu menghasilkan energi sekira 11 megawatt. Panel-panel ini memiliki ketinggian sekira 2 meter dan jika terlihat dari atas maka bentuknya seperti sebuah ladang dengan tumbuhan yang berjajar. Ladang panel ini mampu menghantarkan energi listrik dari matahari untuk sekira 8000 unit rumah. Proyek panel surya ini juga dipercaya ramah lingkungan karena mampu mengurangi emisi karbon dioksida hingga 30.000 ton per tahun.

Berbeda dengan Jerman. Ladang panel surya yang akan mereka bangun di wilayah Saxon akan menghasilkan energi pembangkit hingga 40MW. Lokasi pembangkit surya dengan nama Waldpolenz Solar Park ini dipenuhi dengan sekira 550.000 unit modul surya super tipis. Nantinya panas yang dihasilkan oleh modul panel surya ini akan membangkitkan listrik untuk dikonsumsi beberapa wilayah di sekitar Saxon. Project penanaman ladang panel surya ini diharapkan pemerintah Jerman akan selesai pada tahun 2009.

Tidak tanggung-tanggung, di Spanyol saat ini sedang dibangun ladang photovoltaic di tiga wilayah sekaligus. Parque Solar Hoya de Los Vincentes yang mampu menghasilkan 23 MW, Solarpark Calveron sebesar 21 MW dan Planta Solar La Magascona berkapasitas 20 MW.

Ladang panel di Australia pun terkenal sebagai ladang panel paling besar dan paling efisien di dunia. Dengan mengambil lokasi di Victoria, sebuah perusahaan pembangkit di Australia membuat stasiun tenaga matahari dengan budget sekira USD420 juta. Mereka menggabungkan teknologi surya berkapasitas 154MW dengan teknologi luar angkasa sehingga memiliki kemampuan menghantarkan energi matahari 500 kali lebih besar. Victorian Power Station ini mampu menghidupi sekira 45.000 rumah dengan emisi karbon nol persen.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: